Yang mau diskusi mengenai bisnis di Internet, berbagi tips ..mo sharing, mo tukeran link..mo pasang iklan juga boleh tapi jangan spamming yah..semuanya gratis ditunggu loh ;-). Ngga boleh pasang iklan berbau judi, money game dan pornografi ocreee...thanks ;-)

Kunjungi web kami :

Toko Online Mainan Anak Main Yook
http://mainyook.blogspot.com

Sabtu, 02 Januari 2010

Pelatihan pegawai

Saya baca sebuah nasihat bisnis di salah satu situs : Make a business that will develop without your personal involvement.  Ting ! pikir saya, bener juga saya harus bikin bisnis saya tidak bergantung kepada saya secara pribadi, saya ingin sebuah bisnis yg bisa berjalan mulus dengan sebuah sistem, sesederhana apapun sistem tersebut. Tidak perlu kehadiran saya bisnis bisa berjalan baik. Pertama kali bisnis perlu kita handle sendiri tapi kemudian biarkanlah sistem yang mengurusnya.



Bisnis saya bukanlah bisnis besar, tapi penting untuk membuat sebuah SOP (Sistem Operasional Prosedur), saya harus melakukan pelatihan2 kepada pegawai saya. Walaupun pegawai saya hanya 2 orang dan pendidikannya tidak tinggi tapi tetap dibutuhkan SOP dan pelatihan. Saya harus terus menerus melatih mereka saya yakin mereka bisa mandiri dan bisa meng-handle bisnis saya ketika saya tidak ada ditempat.

Hari ini saya melatih mereka kembali. "Ingat yah harus ramah dan jgn bermain handphone ketika ada customer". Iyahlah maklum pegawai saya ini masih pada teenager, nggak bisa lepas dari kutak katik and cekikikan di hape. nggak tau apa aja yg diomongin. Saya terus menerus mengingatkan jangan melayani customer dangan satu tangan alias tangan yg lain sibuk ber-hape ria. It's not polite. Nggak sopan.

Kemudian saya mengajari mereka pembukuan sederhana dan bikin inventarisasi. Ternyata mereka cepat nangkep dan pinter2. Alhamdulilah.

Untuk bisnis Roti panada, mereka juga sudah pinter. Saya berdoa smoga tidak banyak halangan...smoga. Tetap semangat !

Salam Gan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar