Yang mau diskusi mengenai bisnis di Internet, berbagi tips ..mo sharing, mo tukeran link..mo pasang iklan juga boleh tapi jangan spamming yah..semuanya gratis ditunggu loh ;-). Ngga boleh pasang iklan berbau judi, money game dan pornografi ocreee...thanks ;-)

Kunjungi web kami :

Toko Online Mainan Anak Main Yook
http://mainyook.blogspot.com

Jumat, 08 Januari 2010

Pegawai..asisten....meringankan atau menyusahkan ?

Tentulah untuk modal saya yang dimulai dengan nominal yg tidak besar, saya tidak bisa banyak memilih pegawai, mau yg berkualitas dan berpendidikan tinggi tentu gajinya sangat besar. Jadi saya pilihnya yg pas pasan maksudnya tingkat pendidikannya, berhubung pegawai yg saya butuhkan hanya jagain toko dan barang2 dagangan, yg penting jujur, jujur dan ngerti uang, oya duong repot kalo cuman jujur doang tapi nggak ngerti ngitung uang, lah nanti gimana jualannya ?.


Beberapa hari ini saya sudah mulai kecewa dan kesel, karena pegawai saya mulai kendor disiplinnya, tidak menjaga kebersihan tempat dagang dan lain2. Barang tidak disusun rapih, membuat saya sedih sekalee melihat barang2 berserakan tak teratur. Saya sadar benar pegawai itu manusia, bukan robot, kadang mereka malas dan lengah, kadang mereka capai dan jengah, teringat sewaktu saya bekerja 10 tahun lalu sebagai karyawati kantoran, saya pun sering bikin boss saya kesel. Saya jadi mikir jangan2 ini katula alias karma hahaha...;-), baru punya pegawai 2 orang aja udah pusing gimana 10 ? gimana lebih ? trus di demo lagi hihi..pasti pusing banget yah.

Tapi ini harus dibereskan, besok harus saya tegur. Mereka melihat saya baik, suka becanda, nggak pernah marah dll, tapi kayaknya ini membuat mereka agak menganggap remeh saya, seperti saya dan kawan2 saya dulu (ketika jadi karyawati) menganggap remeh boss yg terlalu baik dan humoris hehehe :-)..., ternyata boss yg tidak terlalu menjaga kewibawaan salah juga yah...
aduh belagu banget yah bilang diri gua boss, yah boss kecil lah.

Saya ingin karyawan saya menjadi aset yg bisa saya pergunakan sebaik-baiknya tidak malah bikin keki atau bikin hati tdk nyaman. Tentunya saya tidak berharap mereka akan setia sampai mati kpd saya, apabila mereka ingin berkembang kemudian keluar dari pekerjaanya No Problemo...saya malah senang apalagi kalau mereka keluarnya nggak diam2, alias kulonuwun dulu gitu.

Kesalahan yg dilakukan berulang-ulang, adalah fatal buat saya, apalagi kejujuran, sekali tdk jujur..: good bye, sepintar apapun asisten saya lebih baik say good bye. Besok saya akan adakan meeting, dan akan ada program punishment dan reward. Ada denda dan ada hadiah.
Ada resikonya juga buat saya, karena these two girls udah saya training dari bikin roti sampai hal administrasi, jadi sayang kalo kehilangan mereka dan saya harus kasih pelatihan baru buat karyawan baru. Yah lihat saja besok apa keputusannya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar